Candi Borobudur Magelang




Borobudur adalah candi Budha yang terletak di Magelang, di Jawa Tengah. Candi Borobudur sekitar 40 km barat laut kota Jogja. Jaraknya sekitar 1 jam dari kota Jogja. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh umat Buddha Mahayana sekitar tahun 750-800 M pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Ya, Candi Borobudur dibangun dengan baik sebelum kuil Angkor Wat di Kamboja, yang dibangun pada pertengahan abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II.

Sesuai dengan gagasan namanya, Bara, yang berarti kompleks biara dan Budur Hulu, adalah candi Borobudur yang meledak di atas bukit yang indah. Candi Borobudur dibagi menjadi 10 lantai dalam bentuk pondasi Punden. Bangunan 10 lantai Candi Borobudur mewakili panggung dan proses kehidupan manusia.

Candi Borobudur terdiri dari enam pilar termasuk tiga halaman melingkar, di dinding 2662 panel relief dan pada asal usul 504 patung Buddha. Stupa utama terbesar terletak di pusat dan di bagian atas gedung, dikelilingi oleh tiga barisan bundar dari 72 stupa kosong di mana patung Buddha duduk dalam posisi lotus yang sempurna dengan mudra (petunjuk manual) Dharmachakra mudra (perputaran roda dharma).

Di setiap tingkat, relief secara implisit diilustrasikan dengan indah dalam ajaran agama Buddha, yang pada saat itu menjadi agama kepercayaan publik. Selama sejarahnya, Candi Borobudur dibangun untuk melayani sebagai tempat pemujaan bagi umat Buddha selama Dinasti Syailendra.

Komentar